Category Archives: wajah-wajah

karmila vs kucing garong

sapa seh yang gag kenal karmila (lagu karmila maksudnya), lagu yang sempat populer dierah 70-an tepatnya 1977 yang di ciptakan oleh sosok yang unik, awalnya dikenal dengan penampilan yang mirip Elton John: berkepala agak botak dan gonta-ganti kacamata, dan pada akhir hidupnya ia berdandan bak saudagar dari daratan Afrika , sapa lagi kalo bukan Farid Hardja. Lagu karmila yang bisa bertahan sampai sekarang dengan berganti nuansa musik, dan sempat populer di masyarakat dengan iringan ketimpung melaui orkes dangdut koplo.. , tanpa mengubah liriknya. Saking larisnya hingga muncul lagu dangdut koplo yang baru, Sebuah lagu jenis house dangdut koplo berjudul Kucing Garong ciptaan Usin Indra yang dinyanyikan Dede S.  Lagu ini menjadi pembicaraan di mana-mana. Di radio-radio, di televisi, di kafe-kafe dangdut, di panggung-panggung hajatan, terasa kurang sempurnakalau belum memutar atau menampilkan lagu ini. Tapi coba diamati, dilihat dari iramanya dan melodinya, lagu ini terasa sudah gak asing di telinga kita, lagu ini mirip banget dengan lagu karmila versi dangdut koplo. He.. mungkinkah karena sudah populer hingga hanya perlu rubah lirik dan aransemen dikit, sudah bisa dijual. La kalo kayak gini semua bagaimana kreatifitas para pencipta lagu dan para musisi-musisi indonesia.

Karmila (Farid Hardja/1977)

ku kenal dikau lalu jatuh cinta pada pertama
dan kucumbu dikau penuh kasih mesra bagi juwita
saat ulang tahun ku tuang minuman kedalam gelas
sejak saat itu ku tau usiamu baru sebelas
ououo.. karmila. ououo karmila
ououo.. karmila. ououo karmila
tak kak kuduga kau balas cintaku
penuh kasih bagai orang dewasa
usia muda tak tampak bagimu
kau yang terakhir kau yang terakhir kau yang terakhir
ououo.. karmila. ououo karmila
ououo.. karmila. ououo karmila

Kucing Garong (Usin Indra/2007) 

Kelakuan si Kucing Garong,
Ora kena ndeleng sing mlesnong,
Main sikat main embat Apa sing lewat.
Kelakuan si Kucinggarong selalu ngulati sasaran.
Asal ndeleng pepesan wajah bringasan.
Iku contoe wong lanang.
Sing sifate kaya kucing garong.
Awas kudu ngati-ati.
Yen kucing garong lagi beraksi.
Sing dadi modal andalan Kucing ngedengi duit atusan.
yen Blikuat nahan iman, bisa endash bisa dadi brantakan.

Advertisements

9 Comments

Filed under wajah-wajah

20 Mei -Hari Kebangkitan Nasional-

boedi oetomoDalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, ada baiknya kita mengingat kembali perjalanan sejarah bangsa kita, yang dimulai dengan lahirnya gerakan nasionalis pertama Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, hampir seratus tahun yang lalu. Pergerakan nasional ini dipimpin oleh Dokter Soetomo di Jakarta. Dengan dorongan dilahirkannya Boedi Oetomo ini, kemudian lahirlah Sarekat Islam, di tahun 1912, di bawah pimpinan Haji O.S. Tjokroaminoto bersama Haji Agus Salim dan Abdul Muis. Dalam tahun 1912 itu lahir pula satu gerakan politik yang amat penting, yaitu Indische Partij yang dimpimpin oleh Douwes Dekker (Dr. Setiabudhi), R.M. Suwardi Suryaningrat dan Dr. Tjipto Mangunkusumo. Tahun 1913, partai ini dilarang oleh pemerintah kolonial Belanda dan pemimpin-pemimpinnya ditangkapi dan kemudian dibuang dalam pengasingan.

Sebagai buntut perkembangan ini, maka pada tahun 1914 lahir di Semarang satu organisasi berfaham kiri (komunis), yaitu Indische Sociaal Demokratische Vereeniging (ISDV) di bawah pimpinan Sneevliet dan Semaun. Dalam tahun 1920 (23 Mei) ISDV ini telah berubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI), dengan pimpinan Semaun juga. Dalam perjuangan melawan kolonialisme Belanda, PKI telah mencetuskan pembrontakan di Banten, Jakarta dan Yogyakarta dalam tahun 1926, dan kemudian juga di Sumatera Barat dalam tahun 1927. Setelah pemberontakan itu ditindas oleh pemerintahan kolonial Belanda, maka ribuan pimpinan dan anggota PKI ditangkapi, dan kemudian dibuang dalam pengasingan di Tanah Merah (Digul).

Berbekal sejarah di atas, sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia bersatu untuk membangun kembali negara yang selama beberapa tahun belakangan ini terus-menerus diberikan cobaan dan musibah, serta maraknya kasus-kasus kriminal dari mulai yang dilakukan oleh masyarakat yang perkenomiannya lemah bahkan sampai para pejabat yang terus-menerus mencuri aset negara Indonesia. Oleh karena itu, mari kita mulai hari Kebangkitan Nasional tahun ini dengan mengintrospeksi diri masing-masing. Mari sama-sama kita perbaiki moral masing-masing diri kita dan juga moral masyarakat Indonesia secara keseluruhan, sehingga harapan kita, dengan moral masyarakat yang baik, maka negara kita yang tercinta ini akan menjadi baik pula.

Selain moral yang baik, yang tidak kalah penting adalah masalah pendidikan di negara kita. Dengan momen hari Kebangkitan Nasional ini, mari sama-sama kita memberikan andil dan solusi terbaik untuk membangun pendidikan Indonesia yang baik dan berkualitas. Karena dengan SDM manusia yang bermoral baik dan memiliki kuantitas serta kualitas yang baik bangsa Indonesia bisa bangkit menjadi bangsa yang baik dan bermartabat.

gambar diambil dari http://www.foto-foto.com/
sumber tulisan dari http://www.e-smartschool.com/

4 Comments

Filed under wajah-wajah

Ki Hadjar Dewantara dan Hari pendidikan Nasional

 

“TANAH air kita meminta korban. Dari di sinilah kita, siap sedia memberi korban yang sesuci-sucinya… sungguh, korban dengan ragamu sendiri adalah korban yang paling ringan… memang awan tebal dan hitam menggantung di atas kita. Akan tetapi percayalah di baliknya masih ada matahari yang bersembunyi… kapan hujan turun dan udara menjadi bersih karenanya?”

(Ki Hadjar Dewantara).

Ki Hajar DewantaraSiapa yang gak kenal sosok tokoh pendidikan Bapak Ki Hadjar Dewantara, tokoh yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar yang bernama asli R.M. Suwardi Suryaningrat merupakan tokoh pendidikan nasional. Aktivitasnya dimulai sebagai jurnalis pada beberapa surat kabar dan bersama EFE Douwes Dekker, mengelola De Expres. Ki Hadjar pun aktif menjadi pengurus Boedi Oetomo dan Sarikat Islam. Selanjutnya bersama Cipto Mangun Kusumo dan EFE Douwes Dekker — dijuluki ”Tiga Serangkai” — ia mendirikan Indische Partij, sebuah organisasi politik pertama di Indonesia yang dengan tegas menuntut Indonesia merdeka. Pada zaman Jepang, peran Ki Hadjar tetap menonjol. Bersama Soekarno, Hatta, dan Mas Mansur, mereka dijuluki “Empat Serangkai”, memimpin organisasi Putera. Ketika merdeka, Ki Hadjar menjadi Menteri Pengajaran Pertama.

Ajaran kepemimpinan Ki Hadjar Dewantoro yang sangat poluler di kalangan masyarakat adalah Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani. Yang pada intinya bahwa seorang pemimpin harus memiliki ketiga sifat tersebut agar dapat menjadi panutan bagi bawahan atau anak buahnya.

Ing Ngarso Sun Tulodo artinya Ing ngarso itu didepan / dimuka, Sun berasal dari kata Ingsun yang aratinya saya, Tulodo berarti tauladan. Jadi makna Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi bawahan atau anak buahnya. Sehingga yang harus dipegang teguh oleh seorang pemimpin adalah kata suri tauladan. Sebagai seorang pemimpin atau komandan harus memiliki sikap dan perilaku yang baik dalam segala langkah dan tindakannya agar dapat menjadi panutan bagi anak buah atau bawahannya. Banyak pimpinan saat ini  yang sikap dan perilakunya kurang mencerminkan sebagai figur seorang pemimpin, sehingga tidak dapat digunakan sebagai panutan bagi anak buahnya. Sama halnya dengan Ing Madyo Mbangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah-tengah, Mbangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari kata itu adalah seorang peminpin ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat kerja anggota bawahanya. Karena itu seorang pemimpin juga harus mampu memberikan inovasi-inovasi dilingkungan tugasnya dengan menciptakan suasana kerja yang lebih kodusif untuk keamanan dan kenyamanan kerja. Demikian pula dengan kata Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Sehingga artinya Tut Wuri Handayani ialah seorang komandan atau pimpinan harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Dorongan moral ini sangat dibutuhkan oleh bawahan, karena paling tidak hal ini dapat menumbuhkan motivasi dan semangat kerja.

Untuk mengenang jasa beliau, maka PERINGATAN Hari Pendidikan Nasional 2 Mei tidak bisa dipisahkan dari sosok Ki Hadjar Dewantara, tokoh yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia. Semoga kita sebagai generasi muda bisa melanjutkan cita-cita beliau, dan dapat mengamalkan ajaran yang telah diberikan. (Amin)

sumber : pikiran-rakyat, Jay, TNI

18 Comments

Filed under wajah-wajah

Otodidak adsense lewat cosaaranda dot com

Apa itu “adsense”, apa itu “SEO/SEM”, dan apa itu “wordpress”…. (bahasa apa ya.. tuh!!  –> wah..katrok2…. …..)>-), mungkin gak semua netholic tau tentang itu, atau bahkan para mbahe netholic mania juga gak tau(hare gene…) makanya buruan cari tau biar ga “katrok2” <walaupun penulisna juga masih katrok hi.. > saya yakin pasti semua pengen tau n bisa. So.. tunggu pa lagi, buruan belajar rame-rame lewat blognya mas Cosa Aranda. dijamin pasti puas n kenyang (kayak makan aja).

Sapa lagi tuh mas Cosa Aranda (wah.. katrok lagi.. )>-) mungkin bagi bloger2 kawakan yang dah bertapa [-O< n mengembara kesana kemari 8-X, pasti dah paham sapa tuh mas cosa. Tapi bagi para bloger-bloger yang gak tau sapa tu mas cosa (wah double katrok lagi niye…..)>-) ya wajib tau. Begini loo… mas Cosa Aranda merupakan seorang Publisher Indonesia yang sukses menjadi Pahlawan Devisa Negara kita, dan seorang penulis tentang AdSense, SEO / SEM, bisnis internet dan affiliasi, cara cari uang di internet, CMS dan WordPress, pemrograman web, dan kehidupan sehari-hari. mas Cosa Aranda juga seorang yang baik hati… gmana gak baik coba, mas cosa tidak segan-segan membuka diri dan memberikan ilmu-ilmuna secara gratis ‘n cuma-cuma ilmu tentang belajar adsense mulai dari apa itu adsense? , mudahkah adsense?, istilah-istilah adsense, cara mendaftar Adsense sampai konsultasi adsense, and lewat these succsessful publishers bisa diketahui kisah-kisah atau hasil wawancara dengan para publisher adsense yang telah sukses. sehingga membawa kita menjadi lebih dekat dengan para publisher-publisher adsense. Semua itu di berikan secara gratis..tis dan gak juga itu saja, ilmu2 tentang SEO/SEM dan wordpress. Gak tau juga apa itu SEO/SEM dan wordpress, makanya buruan.. / semuanya ada di blognya mas cosaranda.com n semuanya itu terkemas dan tertata rapi apalagi menggunakan bahasa Indonesia <bahasa yg mudah dipahami bagi kita warga Indonesia yang cinta dengan bahasa kita> jadi semakin mudah aja untuk belajar bareng rame-rame lewat blognya mas cosa <kayak PBJJ “program belajar jarak jauh”> yang sekarang lagi ngetrennya didunia pendidikan. sampe2 mungkin PBJJ yg legal di Indonesia sekarang ini kalah ma tutor2 yg da di materina mas Cosa.

Walaupun sampai saat ini aku ja belum ngatamin semua materi yang ada di blognya mas Cosa… (he.. saking banyaknya) gmana mo ngatamin, belum selesai baca da muncul materi yg baru.. wow keren, materina selalu berbobot n up to date. he…=D>. tapi gak papa yang penting alon-alon asal kelakon atau istililah kerenna slow but sure (new album slank )>-), dari pada gak baca sama sekali. rugi dunk!. kan sia-sia. ibaratna da makanan yang dah disiapin buat kita dan jelas asal usulna tapi gak di makan oleh kita, walaupun kita tau bahwa makanan itu untuk kita, disamping sia2 juga pastinya ngecewain bagi yang dah susah payah nyiapinnya. Lha ini sama dengan yang da di blognya mas cosa, mas cosa dah nyempetin tuk membuat materi2 bahkan sekaligus dengan tanya jawab dengan tulus ikhlasna tapi kita tidak menggunakan dan memanfaatkannya, #:-S wah 10X10 dunk (cpe’ dech)

31 Comments

Filed under wajah-wajah

putri titian….

sissy

Akhirnya setelah melalui tahap2 browsing n searching dapat juga foto si tian kecil alias si putri titian. anaknya lutchu buanget, ngegemesin pa lagi pas lagi manyun(metchuchu) wuhh. bikin jadi guemess gitu looo.. sayangnya aku cuman ngelihat film yg dibintanginya hanya pada 3 film “jungkir balik dunia sissy, cintaku bersemi di angkot n ajari aku cinta” padahal menurut informasi yang aku dapet tu ada sekitar 8 film yang dibintangi si tian kecil.

Jomblo so what gitu loh
Piala Oscar
Pacarku banyak Aturan
Marawis di hari Tasya
Jodoh buat Emak
Cintaku bersemi di Angkot
Jungkir Balik dunia Sissy
Ajari aku cinta

dari yang pernah aku lihat yang pualing ngegemesin pas maen di “jungkir balik dunia sissy” disitulah si tian (sissy) di pemeran utama. jadi anak manja yang pualing manja n se enaknnya sendiri. Sissy menjadi manja karena ditinggal oleh mamanya.. sissy ngerasa mamanya nggak nepatin janji makanya dia jadi manja. dan akhirnya sissy kembali jadi anak yang manis n gak manja setelah melalui berbagai macam proses.. he,,,. dah hampir 3 kali aku ngeliat ni film n klo di tayangin lagi pasti aku liat lagi (*_*)

sissy lagi

eh btw da yang tau tentang profil atau yang laen mengenai si tian kecil ni tolong kasih tau ya? soale anake imut, ngegemesin, manis n lutchu. n aku suka banget ma dia. jadi tolong ya.. bantu aku (he…. ^_*)

buat para putri titian holic, atau fans putri titian silahkan aja masuk ‘n gabung di putrititianzone di http://putrititianzone.com

1,367 Comments

Filed under wajah-wajah